Hari Musik Nasional Ditetapkan SBY - cekbuk /* contents of a small JavaScript file */

Header Ads

Hari Musik Nasional Ditetapkan SBY

Menurut mantan Ketua Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik RI (PAPPRI) Periode 2012-2017 Tantowi Yahya seperti diberitakan halaman Pikiran Rakyat, tahun lalu, menyatakan bahwa tanggal 9 Maret dipilih sebagai Hari Musik Nasional karena bertepatan dengan hari lahirnya komponis besar Indonesia, Wage Rudolf Supratman, yang lahir pada 9 Maret 1903 di Purworejo, Jawa Tengah. 
Menurut mantan Ketua Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik RI (PAPPRI) Periode 2012-2017 Tantowi Yahya seperti diberitakan halaman Pikiran Rakyat, tahun lalu, menyatakan bahwa tanggal 9 Maret dipilih sebagai Hari Musik Nasional karena bertepatan dengan hari lahirnya komponis besar Indonesia, Wage Rudolf Supratman, yang lahir pada 9 Maret 1903 di Purworejo, Jawa Tengah. Menurutnya, usulan pertama kali adanya Hari Musik Nasional bergulir ketika masih zaman pemerintahan BJ Habibie. Kemudian pencanangannya baru terealisasi pada zaman Presiden Megawati Soekarnoputri, yang pada akhirnya ditetapkan melalui Kepres Nomor 10 Tahun 2012 pada saat pemerintahan Soesilo Bambang Yudhoyono.
Image source:ucapantahunbaru2017.blogspot.co.id
Wage Rudolf Supratman atau yang dikenal dengan WR Soepratman adalah pencipta lagu Indonesia Raya pada tahun 1924. Dikabarkan bahwa proses penciptaan lagu tersebut berlangsung di Kota Bandung pada saat dia berumur 21 tahun. 
Tantowi Yahya mengatakan lebih lanjut bahwa dalam prosesnya penetapan tanggal 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional telah melewati berbagai tahapan dengan melibatkan rezim pemerintahan yang berbeda. Menurutnya, usulan pertama kali adanya Hari Musik Nasional bergulir ketika masih zaman pemerintahan BJ Habibie. Kemudian pencanangannya baru terealisasi pada zaman Presiden Megawati Soekarnoputri, yang pada akhirnya ditetapkan melalui Kepres Nomor 10 Tahun 2012 pada saat pemerintahan Soesilo Bambang Yudhoyono.
Dia menambahkan, Hari Musik Nasional setiap 9 Maret adalah wujud perhatian pemerintah terhadap eksistensi dan kontribusi musik Indonesia dari mulai pra sampai pengisian kemerdekaan, yang menurutnya musik selalu hadir dalam setiap fase bangsa ini, baik untuk memompa semangat, mendorong motivasi, maupun sebagai produk hiburan.

Tidak ada komentar:

You may like

Diberdayakan oleh Blogger.