Supaya Anak Tidak Ngompol Saat Tidur - cekbuk /* contents of a small JavaScript file */

Header Ads

Supaya Anak Tidak Ngompol Saat Tidur

Kenali penyebab dan cara mengatasi anak usia diatas tiga tahun yang masih suka ngompol, karena anak-anak pada usia ini pada umumnya sudah mempunyai kesadaran untuk tidur dalam kondisi kering dan merasa kurang nyaman saat ngompol.
Untuk membantu anak mengatasi ngompol saat tidur membutuhkan bimbingan orangtua. Orang tua tidak perlu memarahi anak karena ngompol saat tidur, sebab jika dia merasa tertekan maka kondisinya akan semakin parah.  Salah satu cara yang perlu diterapkan pada anak-anak adalah dengan menaruh alas tidur anti air seraya menjelaskan bahwa jika anak tidak ngompol lagi maka tidak akan ada lagi alas tersebut di atas tempat tidurnya. Mereka tentu tidak akan suka, karena tidur tanpa alas anti air tentu lebih nyaman. Dengan cara tersebut diharapkan dapat membuat anak memiliki tekad untuk tidak ngompol lagi.  Selain hal tersebut, mengurangi minum sebelum tidur, menghindari cokelat, teh, kafein di malam hari, dan mendorong anak untuk buang air kecil sebelum tidur merupakan cara-cara yang perlu dicoba dan diterapkan untuk mengatasi masalah anak ngompol saat tidur.
Image source:id.theasianparent.com
Meskipun hal ini mengesalkan, kita harus menyadari bahwa ngompol dilakukan anak tanpa disengaja. Pada beberapa anak ada yang perkembangan kandung kemihnya terlambat, atau mereka kurang memiliki kepekaan bila kandung kemihnya telah penuh. Bahkan, ada juga yang memiliki gangguan ‘hormon antidiuretik’, yaitu hormon yang bertanggungjawab untuk mengontrol jumlah kemih yang diproduksi ginjal pada malam hari. Hal-hal tersebut dapat menyebabkan anak-anak ngompol saat tidur. Namun kita tidak perlu khawatir karena semuanya akan semakin baik seiring perkembangan usia mereka.
Faktor lain yang bisa menjadi anak ngompol saat tidur adalah faktor genetik, walaupun tidak selalu demikian. Selain itu, gangguan sembelit, stres, dan mengkonsumsi makanan/minuman berkafein juga dapat memperparah kondisi tersebut. Adanya infeksi saluran kemih maupun kelainan kandung kemih juga bisa menjadi penyebab anak mengalami gangguan tidur tersebut.
Untuk membantu anak mengatasi ngompol saat tidur membutuhkan bimbingan orangtua. Orang tua tidak perlu memarahi anak karena ngompol saat tidur, sebab jika dia merasa tertekan maka kondisinya akan semakin parah.
Salah satu cara yang perlu diterapkan pada anak-anak adalah dengan menaruh alas tidur anti air seraya menjelaskan bahwa jika anak tidak ngompol lagi maka tidak akan ada lagi alas tersebut di atas tempat tidurnya. Mereka tentu tidak akan suka, karena tidur tanpa alas anti air tentu lebih nyaman. Dengan cara tersebut diharapkan dapat membuat anak memiliki tekad untuk tidak ngompol lagi.
Selain hal tersebut, mengurangi minum sebelum tidur, menghindari cokelat, teh, kafein di malam hari, dan mendorong anak untuk buang air kecil sebelum tidur merupakan cara-cara yang perlu dicoba dan diterapkan untuk mengatasi masalah anak ngompol saat tidur.

Buka Sumber

Tidak ada komentar:

You may like

Diberdayakan oleh Blogger.